7 Obat Alami Asam Urat untuk Lansia yang Paling Ampuh

0
660

Timbunan asam urat yang berlebih pada persendian bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pertambahan usia. Bagi kaum Lansia yang jarang berolahraga dan memiliki masalah obesitas, sangat rawan terkena masalah persendian. Jika tidak segera diatasi, dapat menyebabkan pergerakan terhambat dan terasa sakit saat bergerak. Kondisi tersebut membuat lansia tidak nyaman sehingga keadaan tubuhnya menjadi tidak sehat.

Banyak yang beranggapan bahwa penyakit asam urat hanya bisa disembuhkan dengan menggunakan obat kimia. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena banyak bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan masalah kesehatan tersebut. Selain mudah ditemukan, obat herbal juga tidak menimbulkan efek samping sama sekali sehingga sangat aman dikonsumsi oleh semua kalangan.

asama urat

Kaum lansia yang mengalami rasa nyeri di persendian, disarankan untuk menggunakan obat alami agar gejalanya bisa segera diredakan. Jadi tidak perlu buru-buru membeli obat, karena penyakit asam urat tersebut bisa disembuhkan dengan segera. Selain mengkonsumsi obat alami, juga diwajibkan menjauhi makanan berlemak dan berkolesterol tinggi agar jumlah asam urat bisa terkontrol. Adapun beberapa jenis bahan herbal yang bermanfaat untuk menyembuhkan asam urat, diantaranya adalah:

1. Jahe

Jahe memiliki khasiat yang sangat nyata untuk membersihkan kristal asam urat yang menumpuk di persendian. Obat alami ini bisa dikonsumsi dengan cara menumbuknya lalu dicampurkan kedalam segelas air hangat. Agar rasanya lebih nikmat, bisa tambahkan madu secukupnya. Selain mengolahnya sendiri, juga bisa membeli ekstrak jahe dalam kemasan siap minum Bahan alami ini sangat aman dikonsumsi oleh siapa saja tanpa mengenal batas usia.

2. Cuka apel

Kandungan anti-inflamasi yang terdapat dalam cuka apel mampu merusak kristal asam urat sehingga persendian bisa bergerak dengan bebas. Bahan alami ini bisa didapatkan dengan mudah di pasaran atau bisa juga dengan membuatnya sendiri. Kandungan asamnya sangat aman untuk lambung karena berasal dari apel tanpa campuran bahan kimia sama sekali. Konsumsi obat herbal ini juga bisa menyeimbangkan kadar asam-basa dalam tubuh dan juga berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah risiko kanker.

3. Mentimun

Mentimun menjadi salah satu sayuran yang sangat baik untuk diet serta menghilangkan asam urat berlebih dalam tubuh. Selain dikonsumsi secara langsung juga bisa diolah menjadi jus mentimun. Tambahkan perasan lemon agar khasiatnya semakin maksimal. Jus mentimun ini bisa diminum setiap hari. Jika kondisi persendian sudah mereda sebaiknya segera hentikan konsumsi mentimun karena bisa berpengaruh pada tekanan darah.

4. Minyak zaitun

Jika ingin menghilangkan timbunan asam urat dalam tubuh, salah satu solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Bahan alami tersebut tersebut bisa dijadikan pengganti minyak goreng sehingga makanan yang disajikan lebih sehat dan terbebas dari lemak jahat serta kolesterol. Minyak zaitun sangat baik bagi kesehatan termasuk untuk menjaga kondisi persendian agar rasa nyeri karena asam urat bisa segera reda. Pemakaiannya dapat digunakan sebagai minyak untuk mengolah makanan atau dioleskan langsung pada persendian agar kondisinya bisa cepat pulih.

5. Air putih

Obat asam urat yang paling ampuh dan sederhana adalah air putih. Dengan meminum air putih minimal 8 gelas perhari bisa mencegah penyakit asam urat yang sangat mengganggu. Semakin banyak cairan yang ada didalam tubuh, maka kristal asam urat yang ada dipersendian bisa segera dilunturkan. Lansia yang mengalami gejala nyeri pada persendian, penanganan pertama yang dilakukan adalah dengan minum banyak air putih. Jika rasa nyeri tidak kunjung reda, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

6. Seledri

Seledri banyak mengandung vitamin K yang sangat berkhasiat untuk melenyapkan kristal asam urat diberbagai persendian. Pemakaiannya bisa langsung dikonsumsi sebagai campuran masakan ataupun dibuat jus. Selain sebagai obat asam urat yang sangat bagus bagi lansia, seledri juga mengandung asam folat yang juga bermanfaat untuk menyembuhkan anemia.

7. Ceri

Buah ceri yang sangat enak rasanya juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan gejala asam urat. Olah buah tersebut menjadi jus lalu konsumsi setiap hari sampai kondisi persendian normal kembali. Kandungan zat alami yang ada didalamnya mampu melunturkan kristal asam urat yang menumpuk pada persendian. Lansia yang menderita asam urat bisa mencoba bahan alami ini agar kondisi persendiannya cepat pulih. Selain itu konsumsi jus ceri juga tidak memberikan efek samping sama sekali bagi tubuh.

Penumpukan asam urat pada persendian sering dialami oleh kaum lanjut usia. Penyebabnya sangat beragam, selain karena pertambahan umur juga bisa dikarenakan terlalu banyak konsumsi makanan berkolesterol tinggi. Jika rasa nyeri pada persendian tidak segera diatasi, dapat mengakibatkan beberapa organ tubuh sulit bergerak. Sebab itulah segera tangani gejala tersebut dengan menggunakan obat alami asam urat yang disebutkan diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here