7 Manfaat Senam Bagi Lansia

0
63
olahraga lansia

Siapa bilang lansia tidak boleh aktif bergerak? Senam lansia menjadi salah satu aktivitas aktif lansia yang tentu diperbolehkan selama dilakukan sesuai kemampuan. Tetap beristirahat menjadi kunci dalam menjaga kondisi tubuh agar tidak kelelahan. Senam lansia sangat perlu untuk menjaga kesehatan tubuh.

Inilah alasan pentingnya senam bagi lansia

1. Mengaktifkan Anggota Gerak

Senam merupakan suatu jenis olahraga yang sangat pas untuk para lansia. Senam termasuk olahraga santai yang bisa dilakukan semua usia. Mengapa senam tersebut perlu bagi lansia? Tentu banyak jawabannya mengapa demikian. salah satunya adalah untuk mengaktifkan anggota gerak tubuh.

Sistem gerak tubuh harus tetap dijaga agar tetap mudah digerakkan, terutama bagian persendian. Pergerakan anggota gerak tubuh yaitu tangan dan kaki secara aktif akan memudahkan lansia dalam bergerak di saat fungsi anggota gerak mengalami penurunan.
Kegiatan senam ini juga terdiri dari berbagai jenis gerakan, yaitu dibagi menjadi 3 fase. Apa sajakah itu? Anda dapat mengikuti mulai dari fase pemanasan, inti, dan pendinginan. Ketiga bagian ini sudah merupakan komposisi yang pas bagi Anda untuk berolahraga dengan optimal. Bahkan, setiap gerakan senam lansia sudah disesuaikan agar tidak terlalu ekstrim.

2. Meningkatkan Fungsi Organ Pernapasan

Senam bagi lansia juga diperlukan untuk meningkatkan fungsi organ pernapasan. Saat menginjak lansia, seseorang akan mengalami penurunan fungsi anggota tubuh. Senam justru berperan membantu meningkatkannya agar dapat berfungsi normal dan menghindari gangguan kesehatan.

Organ pernapasan lansia akan tetap sehat dengan olahraga yang cukup. Senam yang termasuk olahraga ringan bisa memberikan kesempatan untuk merelaksasi tubuh dan melatih pernapasan ketika tubuh bergerak aktif. Kesehatan paru-paru dan peredaran darah akan lancar kembali. Kesehatan jantung juga demikian.

3. Melatih Kelenturan

Kelenturan tubuh (flexibility) adalah komponen penting dalam latihan atau olahraga untuk lansia. Senam bagi lansia mampu melatih kelenturan pada anggota gerak tubuh. berbagai macam gerakan dalam senam lansia dapat dipraktikkan secara rutin untuk melatih kelenturan yang baik. persendian juga akan terasa mudah dan ringan untuk digerakkan.

Kelenturan tubuh ini juga mengurangi risiko terjadinya gangguan syaraf, nyeri otot, nyeri sendi, salah urat, dan sebagainya. Berbagai risiko kesehatan terkait dengan anggota gerak tubuh bisa dicegah dengan senam secara rutin dan berkelanjutan.

4. Melatih Kekuatan Tubuh

Kekuatan tubuh yang optimal juga termasuk manfaat penting dari senam lansia. Anda bisa mencoba untuk membuktikannya. Kekuatan tulang, otot, dan sendi pada lansia yang tidak lagi kuat bisa dikuatkan kembali dengan gerakan senam lansia. Seiring berjalannya waktu, senam lansia ini bisa meningkatkan kekuatan tubuh, sehingga jarang mengalami cedera.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Sistem kekebalan tubuh juga sangat penting bagi lansia, terutama karena kondisinya sudah mulai mengalami penurunan. Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang baik tentu akan menghindarkan tubuh dari berbagai jenis penyakit. Anda bisa membentuk kekuatan sistem imun dengan rutin melakukan senam lansia.

Kekuatan tubuh secara jasmani yang terjaga tentu akan menstabilkan sistem imun. Dengan demikian, sistem pertahanan tubuh akan mampu menyerang bakteri atau virus yang datang menghampiri. Penolakan tersebut merupakan bentuk pertahanan tubuh yang baik karena dipicu oleh olahraga yang terpenuhi.

6. Meningkatkan Koordinasi Anggota Tubuh

Koordinasi antar anggota tubuh akan mengalami penurunan pada lansia. Senam merupakan cara efektif untuk meningkatkan koordinasi anggota tubuh. Dengan terlatih melakukan senam, Anda bisa menjalankan berbagai hal dengan baik karena tidak ada gangguan kesehatan.

Koordinasi yang baik ini juga diperoleh dari sistem gerak, termasuk syaraf, yang bisa berfungsi dengan baik. Dengan demikian, setiap rangsangan juga dapat direspon dengan baik, tanpa adanya keterlambaan.

7. Melatih Keseimbangan

Keseimbangan sangat penting untuk diutamakan karena menunjang kelancaran Anda dalam beraktivitas. Kurangnya keseimbangan tubuh menyebabkan lansia sering jatuh dan mengalami cedera. Untuk menghindari itu semua, sebaiknya segera melatih keseimbangan tubuh yang nantinya juga akan mencegah terjadinya cedera karena jatuh atau salah posisi.

Senam bagi lansia bisa dilakukan untuk membantu Anda dalam meningkatkan keseimbangan motorik. Penciptaan keseimbangan motorik ini dilakukan dengan mengefektifkan input sensorik dan kekuatan otot, sehingga menghasilkan respon positif tanpa keterlambatan.

Sebenarnya, penurunan keseimbangan pada lansia bukan hanya akibat penurunan kekuatan otot saja, namun juga karena kurang gerak. Untuk itu, senam lansia sangat diperlukan sebagai media bagi lansia untuk bergerak aktif dan berguna melatih keseimbangan. Ketika sudah rutin melakukan senam, lansia dapat memperoleh keseimbangan motorik yang baik.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh setelah melakukan senam lansia. Fungsi anggota tubuh dapat ditingkatkan dan terkontrol dengan baik. Berbagai manfaat senam lansia tersebut dapat diperoleh dengan optimal apabila dilakukan dengan rutin dan berkelanjutan. Akan tetapi, ingatlah untuk tetap beristirahat cukup dan jangan terlampau lelah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here