4 Tips Menikmati Hidup bagi Lansia

0
228
lansia

Memasuki usia senja menjadi kebahagiaan tersendiri bagi seseorang karena memiliki kesempatan untuk menikmati hidup lebih lama. Meski kondisi fisik sudah menurun, namun lansia bisa tetap hidup bahagia dengan caranya sendiri. Asalkan pandai menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur, kegiatan fisik yang biasa dilakukan semasa muda masih dapat dikerjakan. Dan yang terpenting adalah rajin melakukan check up kesehatan untuk mengetahui kadar kolesterol serta tekanan darah untuk mencegah risiko penyakit berbahaya.

Lansia yang rajin berolahraga semasa mudanya, dipercaya memiliki kebugaran fisik yang terjaga sehingga tidak gampang terkena penyakit. Tidak hanya kondisi badannya saja, mental pun harus diperhatikan. Masalah yang sering diderita oleh kaum lanjut usia justru kondisi jiwanya yang mudah stres karena merasa kesepian dan tidak bisa bersosialisasi lagi. Disinilah peran dari anggota keluarga sangat diperlukan agar lansia tidak merasa kekurangan perhatian dan hidup dengan bahagia.

Untuk bisa menikmati hidup dengan bahagia, senang, dan ceria tidaklah susah. Banyak tips sederhana yang dapat dilakukan lansia agar bisa hidup dengan nyaman dan santai.

manula sehat

Tips hidup nyaman bagi lansia

1. Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik harus dilakukan oleh lansia setiap harinya. Tidak melulu harus berolahraga, bermain bersama cucu atau mengembangkan hobi juga merupakan kegiatan fisik yang baik bagi lansia. Kondisi tubuh yang mulai menurun membuat para lansia enggan bergerak, hanya duduk dan tidur saja. Padahal kebiasaan malas bergerak tersebut dapat memicu munculnya masalah kesehatan seperti asam urat, nyeri pada pinggang, hingga stroke.

Olahraga yang dianjurkan bagi lansia yang sudah menginjak usia 60 tahun keatas adalah berjalan kaki, bersepeda, renang, senam, dan jenis olahraga ringan lainnya. Aktivitas berkebun juga sangat bagus untuk lansia. Selain menyehatkan badan, kondisi pikiran pun menjadi fresh sehingga tidak mudah stres. Meskipun begitu, aktivitas lansia juga harus dibatasi, jangan terlalu menghabiskan banyak energi. Jika merasa lelah saat berolahraga atau berkegiatan, sebaiknya berhenti dan istirahat dulu supaya kondisi badan tidak mengalami masalah seperti cedera.

2. Melakukan Meditasi Setiap Hari

Meditasi dipercaya bisa menjaga kondisi fisik dan mental lansia agar selalu sehat. Aktivitas yang cukup mudah dilakukan ini lebih menitikberatkan pada pelatihan pernafasan. Manfaatnya bisa memperlancar peredaran darah sehingga kondisi jantung tetap terjaga. Selain itu juga dapat merilekskan syaraf pusat, jadi kesehatan otak tetap bagus dan menghindari gejala pikun, stres, serta demensia.

Aktivitas ini sebaiknya dilakukan setiap hari selama 30 menit pada pagi hari. Agar tidak merasa jenuh, bisa mengajak teman atau mengikuti kelas meditasi. Banyak lansia yang sudah mempraktikkan tips tersebut dan hasilnya hidup mereka jauh lebih bahagia dengan kondisi badan yang fit dan tidak mudah sakit.

3. Berbelanja

Untuk menyegarkan pikiran agar tidak gampang stres salah satu tips yang bisa dicoba adalah berbelanja. Tidak harus membeli kebutuhan untuk pribadi, belanja bulanan untuk keperluan rumah juga dapat membuat lansia merasa senang. Salah satu penyebab lansia mengalami gangguan jiwa adalah sosialisasinya yang berkurang sehingga terlalu larut dalam kesepian. Dengan berbelanja, bisa menghilangkan kejenuhan yang dialami lansia terutama bagi mereka yang sudah tidak bekerja lagi. Selain itu juga dapat melatih kekuatan tulang karena aktivitas ini membuat lansia bergerak aktif yaitu berjalan mencari barang yang akan dibeli.

Meski kondisi fisik tidak sekuat dulu lagi, namun lansia masih bisa melakukan aktivitas fisik yang lumayan membutuhkan energi seperti belanja. Batasi jumlah bawaan dan jangan terlalu memaksa karena bisa menyebabkan cedera. Agar suasananya semakin menyenangkan, lakukan kegiatan ini bersama dengan anggota keluarga ataupun teman.

4. Melakukan kebiasaan sehat

lansia sehat

Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi serta tidur dengan teratur merupakan rutinitas yang bisa membuat lansia bisa lebih menikmati hidup. Dengan mempraktikkan pola makan yang sehat dan bergizi, bisa membuat kondisi badan tetap bugar dan jauh dari penyakit. Dengan begitu lansia bisa tetap berkegiatan tanpa gangguan serangan masalah kesehatan.

Tidur yang berkualitas juga sangat baik untuk menjaga keadaan badan lansia dan mencegah stres. Atur jam tidur secara teratur dan hindari konsumsi kopi di malam hari agar bisa tertidur dengan lelap dan paginya bangun dengan kondisi yang fresh. Kebiasaan tersebut sangat mudah dilakukan, namun juga harus mendapat dukungan dari keluarga agar asupan makanannya bisa tetap terjaga dan waktu tidurnya dapat terpenuhi dengan baik.

Lansia yang kondisi badannya bugar bisa menikmati hidupnya dengan maksimal dan melakukan aktivitas apa saja yang disukai. Kuncinya adalah dengan rajin berolahraga, konsumsi makanan yang sehat, serta tetap bersosialisasi dengan mengikuti arisan atau kelas olahraga. Dengan aktif berkegiatan, maka rangsangan bagus akan diterima oleh syaraf pusat sehingga lansia dapat terhindar dari masalah pikun dan demensia. Jangan lupa, rajin melakukan pemeriksaan ke dokter setiap bulannya agar kondisi tubuh bisa tetap sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here