16 Macam Tanaman Obat Herbal Berkhasiat Untuk Semua Penyakit

0
547
tanaman obat

Indonesia memang dianugerahi kekayaan alam melimpah dengan tanahnya yang subur. Baik tumbuhan yang dikonsumsi atau untuk kebutuhan lain bisa tumbuh dengan baik di tanah ini, termasuk juga dengan tanaman-tanaman herbal.

Tanaman herbal adalah tanaman yang bermanfaat untuk pengobatan berbagai penyakit. Berbagai macam jenis tanaman herbal mulai dari daun, bunga, hingga buahnya memiliki khasiat untuk mengatasi penyakit. Dimana khasiatnya telah banyak dipercaya dan terbukti ampuh sebagai obat herbal sejak jaman dahulu.

Tanaman Herbal Berdaun

Tanaman herbal yang daunnya banyak dimanfaatkan untuk penyakit biasa ditemukan tumbuh di pekarangan rumah atau kebun. Tanaman-tanaman tersebut antara lain:

  1. Lidah Buaya

    Lidah buaya memang sudah sangat dikenal dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan rambut dan kecantikan kulit. Namun selain itu, lidah buaya juga bermanfaat untuk mengobati penyakit seperti luka pada kulit, sembelit, radang tenggorokan, diabetes dan penyakit jantung.

    lidah buaya

  2. Daun Seledri

    Seledri adalah sejenis sayuran hijau yang biasa digunakan sebagai tambahan penyedap masakan. Meski aromanya sedikit menyengat, tetapi tanaman herbal ini mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, C, dan B12 serta mineral zat besi dan kalium. Daun seledri ini memiliki khasiat untuk mengatasi hipertensi, batu empedu, diabetes, asma, serta rematik dan masalah sendi.

    daun seledri

  3. Kangkung

    Sayur yang satu ini pasti sudah biasa Anda konsumsi sebagai lauk atau lalapan. Tapi tahukah Anda jika kangkung juga termasuk tanaman herbal? Kangkung ternyata bisa dijadikan obat menyembuhkan beragam penyakit seperti migrain, lemah syaraf, insomnia, cacar air, sariawan, sakit gigi, wasir dan sembelit.

    kangkung

  4. Saga

    Tanaman saga lebih banyak ditemukan tumbuh liar sebab termasuk tanaman gulma. Meski dianggap merugikan dan sering dibabat habis, daun saga bisa menjadi obat untuk batuk, sariawan, panas dalam, sakit tenggorokan, hipertensi, gangguan jantung, bronkitis dan lainnya.

  5. Tempuyung

    Tempuyung mungkin masih terdengar asing untuk Anda, namun khasiatnya dalam mengatasi berbagai penyakit tidak perlu diragukan lagi. Daun tempuyung akan membantu mengatasi batu empedu, darah tinggi, radang payudara, radang usus buntu, rematik, memar, bisul, luka bakar, disentri dan wasir.

  6. Daun Dewa

    Daun dewa memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan, diantaranya adalah mengatasi stroke, diabetes, sakit jantung, hipertensi, kanker, rematik, demam berdarah, payudara bengkak, penetral racun, batuk dan muntah darah, wasir, keseleo, gangguan haid dan banyak lagi.

  7. Kelor

    Tanaman yang satu ini memang tengah populer karena manfaatnya yang telah diakui dunia. Beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan daun kelor antara lain kanker, diabetes, penyakit jantung dan arthritis. Namun perlu diketahui, daun kelor tidak dianjurkan untuk wanita hamil.

Tanaman Herbal Berbunga

Tidak hanya memiliki rupa yang cantik, beberapa tanaman herbal berbunga berikut ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit, diantaranya adalah:

  1. Kumis Kucing

    Tanaman herbal ini banyak tumbuh di pekarangan rumah dan merupakan tanaman asli Indonesia. Manfaatnya yang paling terkenal adalah menyembuhkan penyakit kencing batu dan yang berkaitan dengan ginjal selain juga hipertensi, asam urat dan diabetes.

  2. Kemuning

    Kemuning biasanya ditanam sebagai tanaman hias karena bunganya yang cantik. Tapi bagi yang mengetahui khasiatnya, kemuning bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal menurunkan jumlah glukosa dalam darah sehingga baik untuk penderita diabetes. Selain itu, bunga ini juga bisa digunakan untuk mencegah terjadinya koagulasi atau pembekuan darah.

  3. Bunga Kenop

    Bunga berwarna ungu yang juga disebut bunga kancing ini ternyata memberi banyak manfaat pada kesehatan. Diantaranya adalah mengatasi batuk, demam, sakit kepala, disentri, asma dan radang mata.

  4. Bunga Matahari

    Biji bunga matahari yang selama ini banyak dikonsumsi sebagai camilan ternyata berkhasiat menjaga kesehatan kulit serta mencegah dan mengatasi sakit kepala, kram otot, osteoporosis, dan diabetes. Tidak hanya itu, minyak bunga matahari juga dapat dijadikan obat anti inflamasi dan sumber omega-6 yang baik.

Tanaman Herbal Berbuah

Selain daun dan bunga, berikut ini beberapa tanaman herbal yang buahnya bisa juga dikonsumsi untuk obat. Antara lain yaitu:

  1. Pepaya

    Anda tentu sudah tahu manfaat buah pepaya yang bisa melancarkan pencernaan, namun tahukah Anda apa manfaat lain dari tumbuhan pepaya? Ternyata selain buahnya, daun pepaya juga memiliki khasiat untuk mengatasi penyakit seperti hipertensi, demam berdarah dan nyeri menstruasi.

  2. Belimbing Wuluh

    Buah berukuran kecil yang memiliki rasa sangat asam ini biasanya digunakan untuk rujak atau bumbu sayur. Bukan hanya buahnya yang bermanfaat, batang dan daun belimbing wuluh juga berguna sebagai obat herbal alami. Penyakit yang bisa diobati dengan belimbing wuluh ini antara lain, gusi berdarah, sakit gigi, sariawan, gondongan, pegel linu dan rematik.

  3. Jeruk Nipis

    Dengan rasanya yang asam, jeruk nipis tentu mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat. Selain digunakan untuk berbagai campuran olahan, jeruk nipis juga bisa dijadikan obat herbal untuk mengatasi batuk berdahak, ambeien, vertigo, batu ginjal hipertensi, amandel dan penyakit lainnya.

  4. Delima

    Semua bagian dari tanaman herbal ini bisa dijadikan obat, mulai dari akar, kulit kayu, buah, bunga hingga daunnya. Penyakit seperti demam, batuk, sariawan, rematik, hipertensi hingga bronkitis dipercaya mampu diatasi menggunakan tanaman herbal yang satu ini.

  5. Mengkudu

    Kebanyakan orang tidak suka dengan buah ini karena baunya yang tidak sedap. Namun disamping itu, mengkudu mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti batuk, sakit kuning, perut kembung, radang lambung, mencegah infeksi dan kanker serta melancarkan peredaran darah.

Itulah macam-macam tanaman herbal yang berkhasiat mengatasi berbagai penyakit. Menggunakan tanaman herbal sebagai obat memang lebih murah dan aman, mengingat tanaman-tanaman ini mudah ditemukan dan berasal dari alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here