12 Tips Bahagia di Usia Tua

Bahagia itu sederhana

0
380
lanjut usia

Setiap orang pasti ingin bahagia di hari tua dan senang di masa lanjut usia dan bahagia itu sederhana. Untuk itulah kita perlu mempersiapkannya dengan baik. Kalau mungkin Anda juga sudah berada pada usia ini, memang sudah sepatutnya Anda tinggal menikmati saja.

Ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi renuangan saat hari tua. Dengan melakukan renungan ini, semoga saja kita bisa menghadapi masa tua dengan baik

Cara Menghadapi Masa Tua

Mungkin ada yang kadang tidak siap untuk menghadapi hari tua. Semoga saja beberapa tips sehat manula berikut ini bisa membantu untuk membuat hari tua Anda lebih bermakna dan bahagia :

Banyak Beribadah

Perbanyak ibadah dan dekatkan diri pada Tuhan. Itulah cara terbaik mengisi waktu di hari tua. Kita tak akan pernah tahu sampai kapan kita diberi umur oleh Tuhan Yang Maha Esa. Karenanya selalu ingatlah pada-Nya dengan menjalankan ibadah.

Menikmati Hidup

Dengan sisa umur kita yang makin terbatas ini, seyogyanya kita bisa menikmati hidup. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan berlebihan.

Anak-anak kita mungkin sudah pada besar dan memiliki keluarga masing-masing. Tidak perlu terlalu merisaukannya. Yakinlah bahwa Anda sudah selama ini mendidiknya dnegan baik, sehingga mereka bisa menjalani kehidupan dengan baik.

Orang tua tinggal menikmati umur yang masih tersisa. Tidak perlu ngoyo lagi untuk mencari rezeki. Kalaupun masih ingin bekerja, cukup lakukan sewajarnya. Yang terpenting kita bisa menikmati masa tua ini dengan bahagia.

Silaturahmi

Sering-sering berkumpul dengan rekan-rekan seumuran, bisa membuat kita tetap awet muda. Kita bisa datang ke rumah teman dan saling bercerita mengenang masa lalu.
Sering bersilaturahmi juga memberikan kebaikan bagi diri kita. Kita jadi bisa mengenang ulang apa saja yang telah kita alami sampai sejauh ini. Kita pun bisa terus intens berinteraksi dengan ornag-orang yang pernah bersama kita dulu.

Saling Memberi dan Berbagi

Walau mungkin kondisi kita cuma pas-pasan, tapi sangat baik untuk terus biasakan memberi dan berbagi. Itu kunci kebahagiaan. Apa yang kita berikan itu tak akan pernah berkurang. Sebaliknya justru nanti Tuhan yang akan memberikan balasan setimpal bagi diri kita.

Selalu Ikhlas

Seperti apapun kondisi Anda saat ini, biasakan untuk bersikap ikhlas. Ikhlas itu kunci bahagia. Tanpa ada kesadaran untuk ikhlas menerima kondisi kita saat ini, tidak akan ada rasa bahagia. Kita bisa akan terus terkungkung oleh masa lalu.

Selalu Bersyukur

Bersyukur adalah resep untuk bahagia di hari tua. Kita sangat bersyukur atas semua anugerah Tuhan yang diberikan pada diri kita. Nikmat harta, nikmat sehat, nikmat memiliki anak-anak adalah sedikit di antara sekian banyak nikmat yang telah diberikan Tuhan pada diri kita. Bersyukurlah atas semua itu.

Selalu Berpikir Positif

Kunci kesehatan bisa dari pikiran. Untuk itulah sangat penting utnuk membiasakan berpikir positif. Apapun kejadian yang mungkin menimpa kita atau orang lain, cobalah untuk melihatnya dari perspektif positif. Niscaya hidup kita akan tenang dan tidak dipenuhi rasa kekhawatiran.
Singkirkan pikiran negatif dari hidup kita. Itulah salah satu kunci untuk hidup bahagia di masa tua.

Isi Waktu Luang dengan Kegiatan Positif

Kita bisa melakukan banyak hal. Mungkin dengan berkebun, membaca, belajar, bertemu orang baru, mengunjungi cucu, dan banyak lagi kegiatan lainnya.

Kalau pasangan kita masih hidup, kita pun bisa mengajaknya untuk banyak melakukan kegiatan bersama. Sambil mengenang masa-masa indah dulu sewaktu muda. Ini akan menjadi hari-hari yang indah dalam hidup kita.

Bersikap Ramah dan Penyayang

Sekalipun mungkin karakter diri kita tidak seperti itu, cobalah untuk pelan-pelan berubah. Biasakan untuk bersikap ramah. Ini akan membuat orang-orang yang kita temui akan juga menyayangi diri kita.

Segala hal positif yang kita berikan akan memantul secara positif pada diri kita. Misalnya kita bisa undang rteman-teman untuk datang ke rumah kita. Untuk mengobrol dan makan bersama itu sudah sebuah hal yang luar biasa.

Tekuni Hobi

Kalau kita punya minat tertentu, kita bisa menekuni hobi tersebut. Mungkin hobi menyulam, kita bisa teruskan kebiasaan baik ini. Begitupun kalau kita memiliki hobi memelihara ikan, kita juga bisa meneruskan aktivitas tersebut.
Intinya, kita bisa terus isi masa tua dengan kegiatan positif. Jangan sampai kita hanya berdiam diri. Sibukkan diri dengan apapun yang bisa kita lakukan, asalkan itu merupakan aktivitas yang positif.

Rutin berolahraga

Kita biasakan olahraga ringan seperti misalnya jalan pagi. Dengan begitu akan membuat tubuh kita selalu bugar.
Atau kita bisa ikut juga perkumpulan senam atau olahraga yang banyak anggotanya seusia dengan kita. Selain bisa mendukung olahraga rutin yang ingin kita lakukan, kita pun bisa bersosialisasi dengan teman-teman baru yang memiliki usia sama dengan kita.

Gaya Hidup Sehat

Selalu biasakan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang dibutuhkan tubuh kita dan hindari gaya hidup yang tidak sesuai. Di usia tua ini, potensi untuk terkana berbagai penyakit itu begitu tinggi. Oleh karenanya kita pun wajib untuk selalu membiasakan gaya hidup sehat.
Begitulah sejumlah tips untuk menghadapi hari tua agar kita selalu sehat dan bahagia. Mari kita coba praktikkan dalam kehidupan sehari-hari kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here