10 Upaya Pencegahan Penyakit Kanker

0
61

Penyebab paling umum kematian akibat kanker pada tahun 2020 adalah Kanker Paru-paru (1,80 juta kematian), Kanker Usus Besar dan Rektum (935.000 kematian), Kanker Hati (830.000 kematian), Kanker Perut (769.000 kematian), Kanker Payudara (685.000 kematian).

Setiap tahun, sekitar 400.000 anak terkena kanker. Jenis kanker bervariasi pada setiap negara dan Kanker Serviks adalah yang paling umum terdapat pada 23 negara.

Mencegah memang lebih baik dari pada mengobati. Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga menyampaikan bahwa  antara 30 dan 50% kanker dapat dicegah dengan menghindari faktor risiko dan menerapkan strategi pencegahan.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga menyampaikan bahwa  antara 30 dan 50% kanker dapat dicegah dengan menghindari faktor risiko dan menerapkan strategi pencegahan.

Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia pada setiap tanggal  4 Februari berikut 10 Upaya Pencegahan Penyakit Kanker.

  1. Tidak merokok
  2. Menjaga berat badan yang sehat
  3. Makan makanan yang sehat, termasuk buah dan sayuran
  4. Melakukan aktivitas fisik secara teratur
  5. Menghindari atau mengurangi konsumsi alkohol
  6. Mendapatkan vaksinasi terhadap HPV dan Hepatitis B jika Anda termasuk dalam kelompok yang direkomendasikan untuk divaksinasi
  7. Menghindari radiasi ultraviolet (yang terutama disebabkan oleh paparan sinar matahari dan alat penyamakan kulit buatan) dan/atau menggunakan tindakan perlindungan terhadap sinar matahari
  8. Memastikan penggunaan radiasi yang aman dan tepat dalam perawatan kesehatan (untuk tujuan diagnostik dan terapeutik)
  9. Meminimalkan paparan kerja terhadap radiasi pengion, dan
  10. Mengurangi paparan polusi udara luar ruangan dan polusi udara dalam ruangan, termasuk radon (gas radioaktif yang dihasilkan dari peluruhan alami uranium, yang dapat menumpuk di gedung – rumah, sekolah, dan tempat kerja).

Basagita

Sumber : https://www.who.int/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here